KULIAH Q

Sabtu, 02 Februari 2013

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Power Point adalah sebuah program yang khusus di rancang untuk presentasi grafis. Power point mempermudah dan penataan ide – ide anda di tuangkan dalam bentuk slide. Selain itu power point menyediakan perangkat u tuk menghasilkan slide show effect, diagram, grafik, klip suara, serta video multimedia. Power point 2003 adalah bagian yang terintegrasi dari keluaran produk Microsoft sehingga untuk mengaktifkan power point sama seperti yang anda lakukan dengan program microsof lainya. Power point secara otomatis pada template telah menyediakan style yang telah di format untuk obyek teks, namun anda dapat mengubah format teks tersebut sesuai keinginan kita, untuk mengformat teks dalam power point tidak jauh dengan softwart 1.2. Ruang Lingkup Anda dapat membuka presentasri kotak dialog Power Point yang muncul saat pertama kali anda memulai program dengan memilih open & Existing Presentation. Ikuti langkah – langkah berikut ini: • Klik Icon open pada toolbar standart atau pilih menu file, open • Klik drop down pada kotak dialog look in dan pilih dive atau folder dimana presentasi yang anda simpan • Klik file yang akan di buka • Klik open 3.1 Tujuan Tujuan penyusunan makalah : • Mahasiswa bisa mengenal dan mengerti tentang Microsoft Office Power Point • Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup Membuat presentasi baru dengan AutoConten Wizard • Mahasiswa tahu bagaimana membuat presentasi BAB 11 PEMBAHASAN A. MICROSOFT OFFICE “POWER POINT” Power Point adalah sebuah program yang khusus di rancang untuk presentasi grafis. Power point mempermudah dan penataan ide – ide anda di tuangkan dalam bentuk slide. Selain itu power point menyediakan perangkat u tuk menghasilkan slide show effect, diagram, grafik, klip suara, serta video multimedia.  Memulai Power Point Power point 2003 adalah bagian yang terintegrasi dari keluaran produk Microsoft sehingga untuk mengaktifkan power point sama seperti yang anda lakukan dengan program microsof lainya.  Membuat Presentasi • Membuat Presentasi Baru Dengan AutoContent Wizard Langkah – langkah adalah sebagai berikut: • Dari menu pilih File • Pilih New • Pada tesk pane pilih from Autocontent Wizard • Maka akan muncul tampilan sebagai berikut • Pilih Next • Klik tipe presentasi yang anda inginkan • Pilih Next • Pada kotak dialog ini anda di minta untuk memilih style , kemudian pilih Next • Pilih presentasi yang di terapkan, klik Next • Masukan informasi untuk juduk slide, kemudian klik Next Jika ingin meneruskan presentasi. Lihat pembahasan tampilan slide, jika tidak pilih menu file kemudian close.  Membuat Presentasi Dengan Template Langkah – langkanya adalah : • Dari menu pilih file • Pilih new • Pada task pane pilih from design template • Pilih Icon present tasi yang di inginkan  Membuat Presentasi Black Presentation Langkah – langkahnya adalah; • Pilih blank presentation pada kotak dialog pembbuka. Kemudian ok • Pada kotak new slide, tentukan slide yang di inginkan pada auto layout, kemudian ok Menyimpan presenttasi • Klik menu file • Klik save As • Klik droup Down pada kotak dialod save in, kemudian pilih direct tory kerja anda • Ketik nama presentasi baru pada kotak dialog file name • Klik Save  Membuka Presentasi Anda dapat membuka presentasri kotak dialog Power Point yang muncul saat pertama kali anda memulai program dengan memilih open & Existing Presentation. Ikuti langkah – langkah berikut ini: • Klik Icon open pada toolbar standart atau pilih menu file, open • Klik drop down pada kotak dialog look in dan pilih dive atau folder dimana presentasi yang anda simpan • Klik file yang akan di buka • Klik open  Tampilan Power Point Cara apapun yang anda gunakan buat slide baru dari tiga cara yang tersedia apakah dengan autoCount Wizard, template ataupun blank presentation pada akhirnya akan bertemu tampilan slide seperti berikut ini; B. BEKERJA DENGAN OBJEK  Mengubah Ukuran Obyek • Pilih obyek yang akan di ubah • Arahkan mouse pada salah satu handle dan klik kiri mouse kemudian geser sampai pada ukuran yang di inginkan • Lepaskan tombol mouse  Memindahkan Obyek • Klik obyek kemudian gesre ke posisi yang anda inginkan • Lepas mouse  Menghapus Obyek • Klik obyek yang akan di hapus • Tekan tombol delete  Memasukan Teks Bullets • Pilih tampilan slide • Klik place holder teks yang ada bullet • Ketik teks yang anda inginkan kemudian enter  Menyusun Spasi pParagraf Vertical • Pilih tam[pilan slide • Klik teks yang ingin di atur spasinya • Dari menu pilih format • Line spacing dan isi nilainya akhiri dengan ok  Menyusun Teks Dengan Outline Memasukan teks pada tampilan outline • Pada tampilan outline. Klik pada posisi dimana teks anda akan di munculkan • Ketik teks yang anda inginkan, tekan enter • Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini  Mengubah Tingkatan Inden • Pada tampilan outline atau slide pilih baris yang akan anda inden • Klik tombol decrease untuk menurunkan baris 1 tingkat ke kiri • Klik increase untuk menaikan baris 1 tingkat ke kanan  Menata Ulang Slide Untuk menata ulang susunan slide anda dapat melakukanya dalam tampilan outline slide sorter Menata Ulang Dengan Tampilan Slide Sorter • Klik Icon tam[ilan slide sorter • Klik slide yang akan pindahkan kemudian geser ke posisi yang ada inginkan • Lepas mouse Menata Ulang Dengan Tampilann Outline • Klik icon tampilan outline • Klik icon yang akan di pindah • Klik icon Move Down untuk berpindah ke atas, Move Down untuk berpindah ke bawah Menata Ulang Slide Cut Dan Paste • Pada tampilan outline atau slide sorter, pilih slide yang ingin di pindahkan • Klik icon Cut pasa toolbar standart • Klik posisi yang di pindahkan • Klik icon Paste pada toolbar standard C. MEMFORMAT TEXT Power point secara otomatis pada template telah menyediakan style yang telah di format untuk obyek teks, namun anda dapat mengubah format teks tersebut sesuai keinginan kita, untuk mengformat teks dalam power point tidak jauh dengan software  Mengubah Bentuk Font dengan Toolbar Formatting • Pilih tampilan slide • Klik placeholder yang akan di ubah bentuk fountnya • Klik droup down font padda toolbar rormatting • Pilih font yang akan di inginkan • Klik droup down font size pada toolbar standart • Pilih ukuran foto yang anda inginkan  Mengubah Format Font Teks • Pilih teks atau placeholder yang anda ingi format teksnya • Klik kanan mouse kemudian klik fout atau menu format kemudian foun • Lakukan apa yang anda inginkan pada kotak dialog font • Klik ok Untuk lebih jelasnya lihat tampilan berikut  Memondifikasi Bullet • Pilih tampilan slide • Klik Icon bullet pada toolbar formatting Catatan: Icon bullet adalah switch on / of. Jika dalam posisi off maka klik berarrti bullet on, jika dalam posisi on maka klikberarti bullet off.  Merubah Bentuk Bullet • Pilih teks yang bulletnya akan di ubah • Klik kanan kemudian pilih bullet • Klik droup down bullet from, pilih from yang berisikan bullet yang anda inginkan • Klik karakter yang anda inginkan • Klik color untuk mengubah warna bullet • Klik Size untuk mengubah ukuran • Klik Ok  Mengatur Jarak Antara Bullet dan Teks • pilih teks • perhatikan rulerline, jika tidak muncul, pilih viev kemudian klik ruler • pada ruler line geser penanda inden ke posisi yang anda inginkan  Menambah Teks dengan Autoshapes • Klik autoshapes pada toolbar drawing • Pilih bentuk yang anda inginkan • Tarik bentuk yang anda ke slide • Ketik teks yang anda inginkan D. MASTER PRESENTASI Untuk melakukan perubahan secara global pada penampilan slide atau menambahkan satu atau lebih elemen pada slide. Anda tidak perlu mengubah slide atau persatu. Power point menyediakan fasilitas master yang dapat di ubah untuk melakukan perubahan terhadap seluruh slide.  Menampilkan Slide Master • Pilih menu View • Pada menu view, pilih Master --- Slide master • Klik icon close pada tolbal master  Menampilkan title master • Pilih menu view • Pada enam view, klik Title Master akan tampil slide judul • Klik icon close pada toolbar master  Menampilkan handout • Pilih menu view • Pada menu view, klik Handout Master maka akan tampil handout anda  Header dan Footer Untuk menambahkan Hader dan Footer, anda lakukan pada slide master Menambahkam Header Footer • Klik menu view • Klik Header dan Footer • Pilih slide jika header dan footer anda inginkan pada slide. • Ketikkan informasi yang anda inginkan pada kotak dialog header dan foter • Klik Apply Skema Warna Untuk mengatur skema warna dalam satu slide, anda perlu mengenal terleboh dahulu bagian warna sebagai berikut;  Menggunakan Gradien • Pada kotak dialog Fill Effect, klik Gradien • Klik warna atau kombinasi warna yang anda inginkan • Klik Shading Style yang anda inginkan • Klik varian yang anda sukai • Klik Ok  Menggunakan pola pengisi • Pada kotak dialog Effect, klik patern • Klik dropdown untuk memilih warna tampak depan • Klik droup down untuk memilih warna latar belakang • Pilih pola yang anda inginkan • Klik Ok  Membuat Template • Membuat presentasi baru dengan blank presentation • Pilih skema warna dan formatlah place holder pada master • Desain slide jika anda menginginkan sluruh judul slide yang menggunakan template ini sama • Tambahkan informasi Headre dan Fototer • Klik file, save As untuk menyimpan template • Klik droupdown Save As Type kemudian pilih presentation template • Simpan template pada directory presentation designs • Klik save E. OBJECT LINKING and EMBEDDING  Menyisipkan Obyek Baru • Klik menu insert • Klik object • Pilih create new • Klik type obyek yang anda sisipkan • Klik ok  Menyisipkan Word Art • Klik tombol insert word art pada toolbar drawing • Klik style yang anda inginkan • Klik ok • Ketikkan teks yang anda inginkan • Atur format teks sesuai keinginanb anda • Klik ok  Menerapkan Style yang Berbeda Pada Word Art yang Ada • Aktifkan obyek word art • Pastikan toolbar word art sudah aktif • Klik word art Gallery pada toolbar word art • Klik slide yang anda inginkan • Klik ok  Mengubah Bentuk Word Art • Klik obyek word art • Klik tombol Shape Word Art pada toolbar word art • Piilh bentuk yang anda terapkan  Merotasi Word Art • Klik obyek wordArt • Klik Icon Free Rotate • Tarik salah satu Handle rotasi yang muncul pada sudut obyek • Jika selesai Klik free Rotate  Memberikan Warna pada Word Art • Klik klik obyek WordArt • Klik tombol format pada toolbar wordArt • Pilih colors and lines • Klik droup down pada fill color kemudian pilih warna • Klik droup down line color, kemudian pilih warna • Klik Ok F. ORGANIZATION CHART Power point memungkinkan anda membuat struktur organisasi pada slide presentasi dengan menggunakan Microsof Organization Chart. Setiap anda membuat organization chart, secara otomatis kotak – kotak diagram akan muncul. Anda hanya memasukan susuna personalia pada kota – kotak yang tersedia. Susunan koata di atur pada posisi Manager ( di atas), Co-worker (di samping), Subordinate (di bawah).  Mengaktifkan Microsof Organization Chart Ada dua cara untuk memasukan organization chart; • Pada slide yang sudah ada • Klik menu insert • Klik organization chart • Klik Ok • Pada slide baru • Klik Icon New Slide pada toolbar standard • Pada kotak dialog New Slide pilih Autolayout Organization Chart • Klik Ok  Keluar dari MS-organiza Chart • klik file • klik Exit Return to (nama file anda)  memasukan Teks • klik ganda pada yang anda ka nisi dengan teks • ketikan nama, kemudian enter • ketikan jabatan lalu enter • ketikan komentar, lalu enter • klik di luar kotak diagram jika anda telah selesai  Menambahkan Kotak Diagram • Klik kotak diagram pada tool organization chart yang ingin anda tambahkan • Kik kotak diagram yamg akan di tambahkan kotak diagram baru • Klik di luar kotak  Memilih Bentuk Struktur • Pilih kotak diagram yang style nya akan dirubah • Klik menu Style • Pilih bentuk struktur yang anda inginkan  Menata Ulang Kotak Diagram • Pilih kotak diagram yang akan anda pindahkan • Geser kotak diagram kea rah yang anda inginkan • Lepaskan mouse jika telah selesai G. GRAFIK Membuat Grafik • Klik insert new slide pada toolbar standart • Pilih auto Layout Chart kemudian Ok • Ganti data yang ada pada data sheet dengan data ada sendiri • Klik Close • Klik area di luar diagram Membuka Grafik • Tampilan slide yang berisi grafik dalam tampilan slide • Klik ganda pada grfik yang akan anda buka (akan mengaktifkan mikrosoft Graph) Memasukan Data Pada Datasheet • Pada mikcrosoft Graph, klik view data sheet • Klik heading pada pojok kiri atas, untuk menghapus`data • Buat kembali data yang akan anda gunakan sebagai grafis data grafik contoh Mengimpor Data ke Dalam Datasheet Aktifkan data sheet • Klik menu edit • Klik infort file • Pilih file mana yang akan anda import Jika yang anda impor adalah file dari Microsoft – Exel ikuti langkah – langkah berikut ini ; • Pilih sheet yang bakun anda import • Untuk mengimpor seluruh worksheet pilih entire worksheet • Untuk mengimpor hanya range tertentu pilih range kemudian ketikan rangenya pada kotak dialog yang tersedia • Overwrite Existing Cells jangan di aktifkan jika anda hanya memilih sebuah sheet Jika anda ingin import adalah file text, ikuti pada langkag Text Import Wizard memilih tipe grafik • Isikan lide yang berisi grafik dengan tampilan slide view • Klik ganda pada grafik • Klik menu Chart kemudian pilih Chart tipe • Klik standard types • Klik tipe grafik yang anda ingingkan • Pilih variasi tipe grafik pada kelompok Chart Sub-type • Klik Ok Mengatur Tampilan 3D-View • Klik menu Chart • Klik 3D view • Pada kotak dialok 3-DView, anda atur • Elevation • Rotation • Klik Apply untuk melihat perubahan – pada grafik • Klik Ok Mengatur Format Garis • Tentukan obyek grafik yang anda format dengan cara klik droupdown pada chart objeck • Klik menu format • Klik selected…[sesuai format yang di pilih no 2] • Atur format sesuai yang anda inginkan Mencetakslida Presenttasi Klik menu file • Klik print • Klik jenis printer pada dialog name • Tentukan print range • All : Mencetak seluruh slide • Current Slide : Mencetak slide aktif • Selection : Mencetak yang di seleksi saja • Slides : Mencetak slide tertentu saja • Klik dropdownprint what untuk memilih element presentasi yang aakan anda cetak • Tentukan jumlah kopi pada number of Coples • Klik Ok Untuk menguji kemampuan anda buatlah file prentasi sebagai berikut; Mencetak Speake’s Notes Mencetak Speakers notes tidak jauh berbeda dengan mencetak slide, perbedaanya terletak pada pilihan Print What. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut • Dari menu file, Klik Print • Klip panah Droupdown pada Print What, kemudian pilih Note Pages • Pada SlideRrange, klik tombol pilihan • All untuk mencetak semua slide yang ada pada presentasi anda • Current Slide untuk mencetak Slide yang aktif • Slide mencetak slide yang tentu saja.tuliskan nomor slide yang anda ingin cetak • Klik kotak periksa Black or White Pada bagian bawah kotak dialog percetakan tersedia enam pilihan • Print to File, aktifkan pilihan ini untuk mencetak slide ke file presentasi, jadi hasil cetakanya di tampung satu file • Print Hidden Side, digunakan mencetak slide yang disembunyikan • Black and White, di gunakan untuk mengubah semua slide yang akan di cetak menjadi hitam putih • Collates Copies, di gunakan untuk menyalin presentasi anda • Scale to Fit Printer, pilihan ini secara otomatis menyesuaikan ukuran slide dengan besar kertas yang di gunakan pada percetakan, sehingga semua isi slide di muat dalam satu kertas • Pure Black and White, gunakan perintah ini jika anda akan mencetak salinan draft dari presentasi ypada printer yang berwarna • Klik Ok Mencetak Outline • Dari menu view, pilih Outline • Aada toolbar standart, klik drop down Zoom control dan tentukan jadi 50 persen • Dari menu file pilih print • Pilih panah droup down • Pilih outline view dari daftar • Pada slide range pilih All • Klik kota periksa black and white • Klik Ok • Klik tombol Slide View H. ANIMASI PADA PRESENTASI ANDA Menerapkan animasi Secara Pilihan pada Objek Tampilkan Slide View • Klik kananang akan di Animasi • Klik custom Animation • Pilih Effects • Klik Droup Down Entry Animation and Sound • Pilih effect yang anda inginkan • Untuk melihat hasil sementara klik Preview Menambahkan Suara • Tampilkan slide ke dalam slide view • Klik kanan mouse pada obyek yang akan di tambahkan suara • Pilih effect pada daftar effect yang tersedia • Pilih effet suarapada daftar sound • Klik preview • Klik Ok Memberikan Transisi Slide Transisi slide adalah suatu efek fisual yang akan mncul pada setiap penggantian slide. Anda juga dapat menambahkan efek suara pada setiap transisi, sehingga bisa menambah daya tarik presentasi anda. Menentukan Transisi • Tampilkan slide pada slide sorter • Klik slide yang akan anda berikan transisi • Klik Droup down dari slide Transition Efects • Pilih efek transisi yang nada inginkan • Klik tampilan slide show Mengatur Efek Transisi dan Menambahkan Efek Suara • Tampilkan slide pada slide sorter • Pilih slide yang akan anda atur transisinya • Klik menu slide show • Klik slide transition • Pada kotak ide transition, pilih satu dari tiga transisi yang ada:Slow, Medium atau Fast • Kilk dropdown Sound • Pilih jenis sound yang anda inginkan • Klik Appy I. MENJALANKAN PRESENTASI ANDA Di bagian awal telah mempelajari untuk menjalankan present tasi dengan menggunkan power point, pada bagian ini anda akan belajar tentanng beberapa hal yang anda manfaatkan agar presentasi anda akan lebih menarik. Opsi Penunjuk • Klik kana tampilan slide • Pilih pointer option • Klik hide now untuk menyembunyikan petunjuk • Always untuk membuat petunjuk tidak terlihat selama presentasi Menggunakan Pena Pada saat ini anda melakukan presentasi, anda dapat memberikan catatan atau tanda khusus pada tampilan slide show tanpa mengubah file presentasi anda denga cara: • Klik kanan tampilan slide show • Pilih pen • Gunakan pena untuk menandai point pada slide anda Menghitung Lama Presentasi Sebelum anda melakukan presentasi lebih baiknya terlebih dahulu anda memperkirakan berapa lama sebuah halaman slide yang akan muncul. Power point mentediakan sebuah fasilitas yang dapat merekam lamanya sebuah halaman slideyang akan di tampilkan. • Klik menu slide show • Klik menu Rehearse Timings, kemudian present tasi anda akan berjalandengan di lengkapi toolbar Rehearse Timing • Pada toolbar tersebut klik Next bila anda selesai merekam lamanya halaman slide yang akan di tampilkan • Pada slide tlahir selesai, akan tampil pertanyaan apakah anda ingin menyimpanperekaman tersebut atau tidak Memasukan Komentar Pada Slide Komentar adalah pesan yang dapat anda masukan ke dalam slide anda tanpa mengubah isi dari slide, dan komentar hanya tampil pada saat desain bukan pada saat present tasi di jalankan, untuk membuat komentar ikuti langkah berikut ini: • Klik menu Insert • Klik menu Comments, maka tampil sebuah kotak Pada kotak tersebut anda dapat menuliskan komentar anda, untuk menghilangkan komentar tersebut klik pada sembarang tempat. Untuk dapat memenggil kembali klik Icon komentar halaman slide anda. Menjalankan Presentasi dengan Cepat Pada saat presentasi anda dapat menjalankan slide show anda tanpa harus membuka program Microsof power point dengan cara ; • Klik save As • Pada bagian Save As Type pilih Power Point S how • Akhiri dengan menekan tombol Save Menjalankan Sebagian Powet Point Slide Bila anda tidak ingin menjalankan power point slide secara berurutan atau anda hanya ingin menjalankan hal tertentu saja maka anda harus terlebih dahulu mengatur halaman mana yang tidakl akan di tampilkan dengan cara; • Klik menu slide show • Klik menu custom show, kemudian akan tampil sebuah kotak dialog • Pada kotak dialog tersebut klik tombol new • Pada kotak dialog Define Costom Show pilih halaman slide yang anda akan tampilkan • Klik tombol Add • Klik tombol Ok • Klik tombol Show J. MEMBUAT HIPERLINK Hyperlink adalah suatu fasilitas yang memungkinkan, presentasi anda bukan hanya dapat berjalan secara linear, dengan hyperlink maka anda dapat pergi ke halaman lain yang anda inginkan. Membuat Hyperlink Kehalaman Lain Dalam Dokumen Untuk menjadikan suatu objek pada slide anda menjadi sebuah hyperlink dapat di lakukan dengan cara; • Seleksi gambar atau teks yang akan anda jadikan hyperlink • Klik menu insert • Klik menu hyperlink, akan tampil sebuah dialog • Pilih Place In This document pada Link To • Pada bagian select a place in this document klik halaman tujuan dari hyperlink • Klik tombol Ok Membuat Hyperlink ke File Lain untuk membuat hyperlink ke file lain lakukan langkah sebagai berikut; • Seleksi gambar atau teks yang akan anda jadikan hyperlink • Klik menu Insert • Klik menu hyperlink • Pilih Existing File or Web Page pada pilihan Link to • Pada bagian Place in this dokumen klik halaman tujuan dari hyperlink • Klik tombol Ok Hiperlink Dengan Action Button Selain dengan menggunakan cara di atas power point juga telah menyediakan berbagai macam tombol yang secara otomatis akan menjadi sebnuah hyperlink dengan cara; • Klik menu Slide Show • Klik menu Action Button • Masukan salah satu tombol yang anda kehendaki, dan Masukan ke halaman slide, akan tampil sebuah kotak dialog • Untuk menghubungkan Action Button ke file lain, klik option button Run Program, kemudian klik tombol Browse • Pilih file yang anda inginkan, kemudian Ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar